Selasa, 03 April 2012

Bappenas Bahas Jembatan Penajam

 Penajam- informasi terbaru, Jembatan Penajam - Balikpapan ini oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan disatukan dengan paket jembatan Kartanegara di Tenggarong yang ambruk beberapa waktu yang lalu.

 Itu artinya peluang jembatan Penajam - Balikpapan terbangun sangat besar, mengingat jembatan Kartanegara sendiri merupakan proyek prioritas.
"kalau di Kukar dibangun, otomatis yang di penajam juga terwujud. kan sudah satu paket," ungkap Bupati PPU Andi Harahap.
 Saat ini pemerintah pusat sudah mengajukan kepada DPR agar pendanaannya masuk dalam postur APBN. Hanya, belum diketahui berapa angka yang diusulkan. yang pasti, dari hitungan sementara, jembatan sebagai pengganti titik lama di Nipah nipah - Melawai itu bakal menyedot dana tak kurang dari Rp 4 triliun.

  Memang sangat wajar jika Bupati begitu getol berjuang agar megaproyek ini. terbangun. pasalnya, lewat jembatan itulah pintu masuk untuk menjadikan PPU lebih maju. selama ini banyak investasi yang tertunda akibat keterbatasan akses transportasi. arus uang yang seharusnya berputar di PPU, jadi mengendap di Balikpapan. sehingga laju perekonomian masyarakat ikut tersendat.

  Dikatakan Bupati, dari sekian banyak penanam modal, setidaknya ada 2 yang sangat serius untuk berinvestasi di sektor jasa dan pariwisata. keduanya ingin menggarap potensi laut yang ada di pesisir pantai Penajam.
"Salah satunya ada yang ingin menjadikan wisata bahari serupa Ancol di Jakarta. tapi menunggu ada jembatan dulu, jadi bisa mengundang tamu dari Balikpapan," ujar Bupati.
  Tentu dengan keinginan investor tadi sejalan dengan proyek fisik yang juga ingin dikerjakan Pemkab, yakni pembangunan anjungan di area pelabuhan feri. di anjungan itu kelak tersedia ruang terbuka hijau, fasilitas olahraga publik, wahana rekreasi air, mal, hotel, hingga convention centre. anjungan itu juga bakal menjadi landmark PPU.
"jadi nanti konsentrasi kunjungan tak hanya balikpapan, di PPU juga punya daya tarik. dengan begitu saya yakin, perekonomian di PPU bakal pesat, dan menjadi pusat perhatian baru di Kaltim, bahkan nasional," ungkap Andi Harahap.




 Gambar rencana anjungan pintu masuk Penajam PaserUtara

Tidak ada komentar:

Followers