Kamis, 12 April 2012

Bupati Teken MoU Perumnas



PENAJAM - Bupati dan WaliKota se-Indonesia, termasuk Bupati Penajam Paser Utara H Andi Harahap meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan  Menteri Perumahan Rakyat-Menteri Dalam Negeri tentang Perumahan Nasional (Perumnas) bagi PNS, di Jakarta, baru-baru ini.
Usai penandatanganan MoU tersebut Bupati H Andi Harahap menyatakan menyambut baik dan berharap MoU ini dapat memberi manfaat dan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi PNS,serta menjadi pemicu keberhasilan program Perumnas untuk PNS di Kabupaten Penajam Paser Utara.
Menteri Perumahan Rakyat  Djan Faridz meminta kepada Kementerian Dalam Negeri agar membantu pelaksanaan program perumahan dan kawasan permukiman di daerah-daerah. Untuk itu, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera)juga berharap kepada kepala daerah baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota untuk membentuk satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang khusus mengurusi masalah perumahan di daerahnya masing-masing.

“Saya meminta bantuan Mendagri agar di setiap provinsi, kabupaten/kota ada SKPD perumahan,” ujar Djan Faridz saat memberikan sambutan.

Menurutnya, saat ini tanggungjawab penyediaan perumahan bagi masyarakat telah menjadi salah satu urusan wajib Pemda. Oleh karena itu, jika SKPD perumahan di daerah dapat terbentuk maka koordinasi program perumahan dan kawasan permukiman dapat terlaksana dengan baik dan lebih mudah.  “Kalau tidak ada SKPD Perumahan minimal ada kepala kantor atau pejabat yang khusus mengurusi perumahan. Jadi ada yang bertanggung jawab atas pelaksanaan program perumahan di daerah,” kata Fridz.

Ia berjanji akan terus berupaya mengajak seluruh pihak untuk bekerja lebih keras untuk mewujudkan program perumahan di daerah. Salah satunya adalah program pembangunan rumah untuk PNS tidak terkecuali bagi Kabupaten Penajam Paser Utara.

Faridz menggambarkan, saat ini salah satu Pemda yang proaktif dalam program perumahan adalah Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Setidaknya,kata dia,di daerah tersebut akan dibangun sekitar 2.000 rumah PNS,  selain itu  Kemenpera juga tengah menjalin kerjasama dengan sekitar 57 kabupaten/ kota untuk pembangunan 200.000 rumah PNS di seluruh Indonesia termasuk dengan Penajam Paser Utara.

Faridz berjanji untuk hadir pada setiap pencanangan rumah untuk PNS di daerah, hal itu dimaksudkan agar masyarakat luas dapat mengetahui bahwa pemerintah pusat juga memiliki kepedulian serta program terkait penyediaan perumahan bagi masyarakat. “Saya akan berusaha hadir pada setiap kegiatan peletakan batu pertama program pembangunan rumah baik untuk PNS serta masyarakat di daerah,” ungkapnya.

Sebanyak 200.000 rumah untuk para pegawai negeri sipil siap dibangun pemerintah di seluruh Indonesia. Untuk menyukseskan program itu, Kemenpera bersama 57 kepala daerah tingkat kabupaten/kota menjalin kerjasama program perumahan dan kawasan permukiman khusus terkait program pembangunan rumah untuk para abdi negara tersebut.

"Kami targetkan tahun ini akan membangun 200.000 rumah untuk PNS di 57 Kabupaten/ Kota," ucap Djan Faridz kepada sejumlah media cetak maupun elektronik usai menandatangani Kesepakatan Bersama antara Menpera dengan Mendagri Gamawan Fauzi  di Kantor Kemendagri  Jakarta. Hadir dalam kegiatan tersebut Menko Kesra Agung Laksono serta beberapa Gubernur, Bupati dan WaliKota.(hms8/hms10/ari/fir)

Tidak ada komentar:

Followers